Benarkah Minum Kopi Bikin Dehidrasi? Ini Faktanya

Jadi peminum kopi, saya seringkali mendengar beragam mitos mengenai kopi. Satu diantara mitos itu yaitu kopi bisa mengakibatkan seorang alami dehidrasi. Apakah benar mitos itu?

Teh, kopi, soda serta cokelat yaitu makanan/minuman yang dikonsumsi orang untuk di nikmati kafeinnya. Kenapa orang demikian nikmati cafein? Karna cafein yaitu stimulan otak yang bagus hingga orang yang meminumnya terasa lebih semangat serta bertambah kewaspadaannya.

Walau cafein yaitu zat yang legal untuk dikonsumsi, banyak orang yang termakan mitos mengenai efek jelek dari cafein, satu diantaranya disebutkan cafein bisa mengakibatkan dehidrasi.

Benarkah Minum Kopi Bikin Dehidrasi? Ini Faktanya

Mitos ini bermula dari th. 1928. Saat itu, orang orang mengerti kalau konsumsi minuman berkafein bisa mengakibatkan frekwensi buang air kecil bertambah. Berarti, makin seringkali seorang buang air kecil jadi juga akan makin banyak cairan badan yang hilang hingga badan alami dehidrasi, Dari sanalah lalu keluar mitos kalau cafein mempunyai dampak diuretik (merangsang buang air kecil) serta mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

Menurut Lawrence Armstrong, seseorang professor di bagian Kinesiologi, Kampus Connecticut, Amerika Serikat, walau cafein bisa tingkatkan produksi urine, namun dampaknya pada dehidrasi begitu kecil. Meningkatnya frekwensi urine tidak selamanya bermakna seorang kehilangan banyak cairan dari pada badan. Logika sederhanya begini, seorang yang minum banyak air jadi dia juga akan seringkali pipis, bukanlah bermakna waktu itu dia mesti berhenti minum.

Bila disederhanakan begini, tiap-tiap ada penambahan frekwensi urine jadi kita juga akan dirangsang untuk banyak minum hingga keseimbangan cairan didalam badan tetaplah terbangun. Cafein memanglah sedikit mengakibatkan penambahan frekwensi urine. namun kehilangan cairan yang dikarenakan oleh hal tersebut telah selekasnya digantikan oleh cairan yang berada di pada minuman berkafein.